Minggu, 23 September 2012

Aktivitas (Tugas 1)

1. carilah bahan sebanyak mungkin tentang kelompok mayoritas dan minoritas! Apakah kedua kelompok itu juga termasuk kelompok sosial? Bagaimana hubungan antara keduanya?

kelompok mayoritas : Jumlah orang terbanyak yang memperlihatkan ciri tertentu menurut suatu patokan dibandingkan dengan jumlah yang lain yang tidak memperlihatkan ciri itu.


kelompok monoritas : ialah kelompok sosial yang tak menyusun mayoritas populasi total dari voting dominan secara politis dari suatu kelompok masyarakat tertentu.

Minoritas dapat pula merujuk ke kelompok bawahan maupun marginal. Minoritas sosiologis tak perlu bersifat numerik sebab dapat mencakup kelompok yang di bawah normal dengan memandang pada kelompok dominan dalam hal status sosial, pendidikan, pekerjaan, dan kekuasaan politik
Istilah "kelompok minoritas" sering diterapkan bersama dengan wacana HAM dan hak kolektif yang mengemuka di abad ke-20
Hubungan antara mayoritas dan minoritas: "Saya tidak menyalahkan siapapun dalam soal mayoritas-minoritas, karena sifat laten masalah ini akan tetap ada sepanjang reformasi mentalitas karakter kebangsaan kita tidak segera dimulai. Kita telah lupa bagaimana membangun identitas Indonesia yang susah payah sejak masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan. Perbedaan yang sangat kuat, keanekaragaman etnis, budaya, agama, cara pandang, ideologi, dan lain-lain adalah tugas kita bersama mengatasinya. Bukan atas dasar suatu kelompok mayoritas maka berhak seenaknya melakukan penindasan. Bukan atas dasar suatu kelompok minoritas maka seenaknya mengatur kekuatan dan kekuasaan disana sini untuk mengamankan kelompoknya. Tetapi bersatulah dalam satu identitas keIndonesiaan yang sejati dimana perbedaan tidak menjadi dasar cara pandang kita."
Dari kutipan yang saya ambil diatas, saya simpulkan bahwa hubungan antara kelompok minoritas dan kelompok mayoritas tidak baik.

2. Amatilah masyarakat anda. bagaimana pola hubungan antarkelompok sosialnya? buatlah analisisnya dalam bentuk tulisan! anda bisa mengirimkan tulisan anda ke majalah sekolah atau ke surat kabar

Setelah saya amati, kelompok yang ada di masyarakat saya adalah Gemeinschaft. Karena disetiap perkampungan, tetangga itu rata-rata adalah saudara, pasti selalu ada ikatan saudara seperi di kampung saya. Seperti di kampung saya ini, saya bertetangga dengan orang tua dari ayah saya dan ibu saya, dan saudara saudara yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar